Fungsi dasar sistem operasi

Sebelumnya saya telah menyampaikan apa itu sistem operasi, pada postingan kali ini saya akan menyampaikan Fungsi dasar sistem operasi.
Sebelum saya sampaikan fungsi sistem operasi terlebih dahulu akan saya jelaskan sistem komputer. Pada dasarnya Sistem komputer terdiri dari empat macam komponen utama, yaitu perangkat keras, program aplikasi, sistem perasi dan para pengguna. Nah sisini Sistem operasi berfungsi untuk mengatur serta mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
Sistemoperasi dapat di ibaratkan pemerintah dalam suatu negara yang mengatur dan mengawasi Negara tersebut supaya menjadi lebih baik dan teratur sehingga tidak menimbulkan perselisihan/ permasalahan, dalam arti sistem operasi yaitu membuat kondisi / mengatur kondisi komputer supaya dapat menjalankan program dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan permasalahan/ error dan penggunaan komputer yang tidak perlu. Sistem operasi juga mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber daya sehingga tidak menimbulkan terjadinya konfik saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama. Sistem operasi juga biasa disebut sebagai resource allocator. Resource allocator maksudnya yaitu me-manage atau mengalokasikan yang ada dan mengalokasikan program yang diperlukan atau proses penunjukan sumber daya komputer untuk program tertentu agar program tersebut dapat menggunakannya, sistem ini juga merupakan proses membebaskan sumber daya pada saat program yang menggukannya telah selesai. Sistem operasi sangat dibutuhkan pada komputer, karena merupakan bagian terpenting dalam komputer. tanpa adanya sistem operasi maka komputer tidak di jalankan kecuali program aplikasi booting.
Demikian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini mengenai Fungsi dasar Sistem operasi, semoga apa yang telah saya sampiakan di atas dapat membantu anda dalam memahami fungsi sistem operasi.

Artikel Terkait