--> Skip to main content

Cara Setting Booting Bios Ke CDROM

Pada postingan artikel kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai Cara Setting Booting Bios Ke CDROM,  mengganti booting ke CDROM  ini biasanya dilakukkan untuk menginstall ulang Windows ataupun Sistem operasi lainnya.
Booting awal bios default akan mengacu pada HDD (harddisk) , untuk mengubah menuju ke CDROM,  kita hanya perlu mengganti urutan CDROM ke bagian pertama.
Pada setiap PC/ Laptop caranya berbeda-beda untuk masuk ke lokasi settingan bios, Itu karena Bios ada bermacam-macam, tetapi  kita masih tetap bisa masuk walaupun tidak mengetahui jenis bios pada PC/ laptop tersebut.

Untuk dapat masuk ke bios , kita perlu menekan keyboard secara cepat  pada saat komputer dinyalakan, karena pesan yang muncul hanya sebentar. Untuk masuk ke bios biasanya tombol yang dipencet yaitu :
F2, F8, F10, F12, dan DEL, Jika dari beberapa tombol tersebut tidak bisa, coba saja dari F1 sampai F12.

Berikut ini adalah tampilan awal bios:
BIOS
Pilih tab Boot
Boot
Akan terlihat 1st Boot Device adalah Floppy Drive, untuk mengubahnya menjadi CDROM, pilih 1st boot device , kemudian anak muncul tab biru seperti diatas, pilih CDROM
Sesudah memilih CDROM, maka tampilan akan menjadi seperti berikut ini:
Booting Bios ke CDROM
Nah sekarng CDROM menjadi urutan yang pertama, selanjutnya anda tekan F10 ini untuk menyimpan dan exit, pilih OK

Sudah Selesai, mudah kan? , Sekarang tinggal Install Sistem operasi sesuai keinginan anda misalnya seperti windows 7..
Jika anda ingin  install windows 7, silahkan anda baca Cara Install Windows 7.
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Setting Booting Bios Ke CDROM, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar