--> Skip to main content

Cara Mudah Menghapus Dualboot Windows

Cara menghapus dualboot windows – sudah pernahkah anda mencoba untuk dual boot pada sistem operasi Windows, seperti pada Windows 7 dan dengan Windows 8. Tetapi setelah membuat dual boot kemudian anda punya keinginan untuk menghapusnya hanya karena suatu alasan. Tetapi yang disayangkan jika banyak pengguna yang tidak mengetahui bagaimana cara menghapus dualboot  windows tersebut secara benar. Untuk itulah pada penjelasan kali ini akan diberikan panduan dalam menghapus dualboot Windows. Pada contoh dibawah ini menghapus OS Windows 8.1 yang berasal dari dual boot dengan Windows 7, namun anda juga bisa memanfaatkan cara tersebut untuk dual boot pada sistem operasi Windows yang lainnya.
Cara Mudah Menghapus Dualboot Windows

1. Tahap pertama adalah buka kotak run pada OS utama menggunakan kombinasi tombol (atau Winkey+R). selanjutnya ketikan “msconfig“.
Cara Mudah Menghapus Dualboot Windows

2. jika sudah terbuka konfigurasi sistem, bawa kursor ke tab “boot” kemudian hapus boot entry pada windows 8.1 kemudian “Delete“. Jika boot entry pada windows 8.1 telah terhapus, pilihlah OK.
Cara Mudah Menghapus Dualboot Windows

3. Proses tersebut membutuhkan restart, sehingga jika terdapat suatu program yang belum disimpan, pastikan anda save terlebih dahulu.
4. jika komputer sudah melakukan restart, langkah selanjutnya adalah dengan menghapus partisi pada Windows 8.1. Caranya dengan membuka Disk management (pergunakanlah fitur search dalam mencarinya) selanjutnya di bagian partisi Windows 8.1 lakukan klik kanan dengan memilih “Delete Volume“.
5. Selanjutnya akan tampil peringatan jika semua data didalam partisi tersebut akan segera terhapus, jadi pastikan anda telah membackup data-data yang penting dalam partisi lain ataupun pada penyimpanan eksternal. Klik Yes untuk proses selanjutnya.
Cara Mudah Menghapus Dualboot Windows

6. Yang terakhir, pada partisi Windows 8.1 telah terhapus sehingga berubah menjadi Unallocated.
7. Dan selanjutnya anda dapat mengekstend atau menambahkan partisi Unallocated ke partisi Windows7 atau anda juga dapat membuat partisi yang baru lagi.
Demikianlah cara menghapus dualboot Windows, memang sangat mudah. Tetapi jika belum mengetahui langkah-langkahnya, pasti anda akan bingung. Oleh karena itu, pelajarilah langkah ini dengan baik.
Buka Komentar
Tutup Komentar