--> Skip to main content

Cara Pintar Menghemat Battery Laptop

Cara Pintar Menghemat Battery Laptop – Laptop adalah perangkat yang mempunyai banyak fungsi untuk memudahkan kita mengerjakan sauatu pekerjaan berhubungan dengan mengolah data dan bisa juga untuk aktifitas entertain seperti music, video, dan game. Namun laptop memiliki masalah klasik yakni durasi penggunaannya hanya beberapa jam saja.
Cara Pintar Menghemat Battery Laptop akan membantu para pengguna laptop agar umur batterai laptop kita tetap awet terjaga berikut cara- caranya :
1. Kurangi  brightness dengan cara mengatur setting power baterai, sebab umumnya setting standartnya sekitar 10 menit ubahlah menjadi 2 – 3 menit untuk cadangan baterai lebih besar.
2. Matikan Wi-Fi sebab apabila perangkat laptop terus mencari signal wifi maka batterai akan lebih boros.
3. Defragment harddisk agar proses mencari data lebih cepat karena file yang ada pada sistem tersusun rapi. Ini sangat berpengaruh bagi prosesor untuk bisa menghemat baterai. Begini cara melakukan defragt : start > my computer > pilih disk > klik kanan > properties > tool > Defrag now. Karena proses nya lama sebaiknya lakukan pada malam hari dengan charger terhubung.
Cara Pintar Menghemat Battery Laptop

Cara Pintar Menghemat Battery Laptop

Cara Pintar Menghemat Battery Laptop

4. Gunakan mode Hibernate daripada Sleep untuk shutdown laptop Anda supaya akses booting lebih cepat dan batterai lebih hemat. Hibernate membuat laptop Anda menyimpan sesi program terakhir saat kembali dihidupkan lagi.
5. Pilih background application yang perlu saja, mungkin banyak pengguna laptop yang tidak tahu program yang berjalan otomatis yang tak terlihat aktifitasnya dilayar. Matikan untuk hemat batterai anda.
6. Jalankan program sebaik-baiknya seperti bermain game sebaiknya koneksi charger terpasang agar tidak melibas isi batterai secara cepat dan boros.
7. Cara yang paling baik untuk mengecek batterai laptop ialah saat batterai laptop muncul notifikasi batterai melemah dan segera dihubungkan dengan charger hingga batterai benar-benar penuh. Jangan melepas saat batterai belum penuh untuk menghindari memori batterai yang bergeser menjadi cepat penuh padahal sebetulnya hanya beberapa persen saja.
Demikialah beberapa trick agar batterai laptop kamu berumur panjang. sekian semoga bermanfaat tulisan saya tentang Cara Pintar Menghemat Battery Laptop. Baca juga artikel tentang Cara Menghemat Baterai Windows Phone 8 dengan Mematikan Background Task.
Buka Komentar
Tutup Komentar